Skip to content

Menjalankan Kode Program Native Di Node.js

Ada kalanya modul bawaan Node.js tidak cukup dan programmer perlu mengakses fitur native di sistem operasi. Untuk itu, Node.js memiliki fasilitas memanggil kode program native yang ditulis dalam bahasa C/C++. Untuk mengetahui package yang menggunakan kode program native, saya dapat mencari file berakhiran *.node di node_modules. Sebagai contoh, package fsevents yang popular berisi kode program native dalam C untuk memberikan notifikasi bila file di folder tertentu berubah di sistem operasi Mac. Pada artikel ini, saya akan mencoba memanggil kode program native C yang menggunakan Xlib untuk menampilkan sebuah window di dekstop Linux.

Salah satu tool yang sangat membantu dalam proses kompilasi kode program C/C++ di aplikasi Node.js adalah node-gyp. Karena akan sering menggunakannya di berbagai proyek yang berbeda, saya dapat meng-install node-gyp secara global dengan menggunakan perintah npm install -g node-gyp. Pada sistem operasi Ubuntu yang saya pakai, semua yang dibutuhkan oleh node-gyp seperti Python, make dan GCC sudah tersedia.

Berikutnya, saya akan membuat sebuah kode program C bernama jendela.c yang akan menggunakan Xlib untuk menampilkan sebuah window di desktop Linux. Isi kode program untuk jendela.c terlihat seperti berikut ini:

jendela.c
#include <assert.h>
#include <node_api.h>
#include <X11/Xlib.h>
static void Tampilkan(napi_env env, napi_callback_info info) {
// Kode program yang menggunakan Node-API (NAPI) untuk membaca argumen dari JS dan sebagainya.
napi_status status;
size_t argc = 1;
napi_value argv[1];
status = napi_get_cb_info(env, info, &argc, argv, NULL, NULL);
if (status != napi_ok) return;
char pesan[100];
status = napi_get_value_string_utf8(env, argv[0], pesan, 100, NULL);
if (status != napi_ok) return;
// Kode program yang menggunakan Xlib untuk membuat jendela.
Display *d;
Window w;
XEvent e;
int s;
d = XOpenDisplay(NULL);
s = DefaultScreen(d);
w = XCreateSimpleWindow(d, RootWindow(d, s), 10, 10, 800, 200, 1, BlackPixel(d, s), WhitePixel(d, s));
XSelectInput(d, w, ExposureMask);
XMapWindow(d, w);
while (1) {
XNextEvent(d, &e);
if (e.type == Expose) {
XDrawString(d, w, DefaultGC(d, s), 400, 100, pesan, strlen(pesan));
}
}
}
static napi_value Init(napi_env env, napi_value exports) {
napi_status status;
napi_property_descriptor desc = {
"tampilkan", NULL, Tampilkan, NULL, NULL, NULL, napi_default, NULL
};
status = napi_define_properties(env, exports, 1, &desc);
if (status != napi_ok) return NULL;
return exports;
}
NAPI_MODULE(NODE_GYP_MODULE_NAME, Init);

Pada kode program C di atas, saya menggunakan Node-API yang menyediakan abstraksi untuk dalam berinteraksi dengan JavaScript (runtime V8). Salah satu tujuan dari Node-API adalah untuk menghindari perubahan di kode program C setiap kali terjadi perubahan Node.js (saat versi baru dirilis). Sebagai contoh, pada kode program di atas, saya menggunakan napi_value untuk mewakili nilai di JavaScript, menggunakan napi_get_value_string_utf8 untuk mengubah string yang dikirim dari JavaScript menjadi char* (string di C) yang dapat dipakai di kode program C. Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa saja yang disediakan oleh Node-API, saya dapat membaca dokumentasi Node.js di bagian C/C++ addons with Node-API.

Bagian yang paling pertama kali dikerjakan di kode program C di atas adalah NAPI_MODULE yang mendaftarkan module dengan me-referensi-kan function Init. Ini menyebabkan function Init akan dikerjakan saat kode program JavaScript melakukan require() module ini. Pada function Init, saya mendaftarkan sebuah method yang dapat dipanggil di JavaScript dengan nama tampilkan(). Bila method ini dipanggil di JavaScript, maka function Tampilkan di C akan dikerjakan. Kode program function Tampilkan akan membaca sebuah argumen string dari JavaScript dan menuliskannya ke layar melalui function XDrawString dari Xlib.

Sebagai langkah berikutnya, saya akan membuat sebuah file baru dengan nama binding.gyp dengan isi seperti berikut ini:

binding.gyp
{
"targets": [
{
"target_name": "jendela",
"sources": ["jendela.c"],
"link_settings": {
"libraries": [
"-lX11"
]
}
}
]
}

Ini adalah file konfigurasi yang dibutuhkan oleh node-gyp. Saya menunjukkan lokasi file C saya di sources dan juga nama output yang dihasilkan di target_name. Karena kode program C saya tergantung pada library Xlib, saya menambahkan -lX11 pada link_settings.libraries sama seperti saat saya melakukan kompilasi manual (yang biasanya diberikan ke linker seperti ld). Setelah ini, saya bisa menjalankan perintah:

Terminal window
node-gyp configure
gyp info it worked if it ends with ok
gyp info using node-gyp@8.4.0
gyp info using node@14.18.1 | linux | x64
gyp info find Python using Python version 3.8.10 found at "python3"
gyp info spawn python3
...
gyp info ok

Perintah ini akan menghasilkan Makefile di folder build. Saya hanya tinggal melakukan building saya dengan memberikan perintah berikut ini:

Terminal window
node-gyp build
gyp info it worked if it ends with ok
gyp info using node-gyp@8.4.0
gyp info using node@14.18.1 | linux | x64
gyp info spawn make
gyp info spawn args [ 'BUILDTYPE=Release', '-C', 'build' ]
make: Entering directory 'latihan/build'
CC(target) Release/obj.target/jendela/jendela.o
SOLINK_MODULE(target) Release/obj.target/jendela.node
COPY Release/jendela.node
make: Leaving directory 'latihan/build'
gyp info ok

Hasil akhir dari proses ini adalah sebuah file dengan nama jendela.node di folder build/Release. Ini adalah kode program native yang bisa langsung saya pakai di kode program JavaScript. Sebagai contoh, saya membuat file latihan.js dengan isi seperti berikut ini:

latihan.js
const jendela = require('./build/Release/jendela');
jendela.tampilkan('Jocki Jocki Jocki');

Bila saya menjalankan kode program ini dengan:

Terminal window
node latihan.js

Saya akan mendapatkan hasil seperti berikut ini:

Menampilkan Jendela Melalui Kode Native C Di Node.js

Selain mendemonstrasikan bagaimana Node.js dapat di-extend secara mudah melalui kode program native C/C++, hasil akhir di atas juga menunjukkan bahwa Node.js juga dapat menampilkan GUI native di sistem operasi yang menjalankannya.